Rabu, 06 Agustus 2014

LATAR BELAKANG PENCIPTAAN LAGU MARS IPA



LATAR BELAKANG PENCIPTAAN LAGU MARS IPA

Berawal dari tahun 1950, berkumpul beberapa pemuda di Madrasah Islamiyah Tapanuli (MIT) Jl. Hindu Gg. Bengkok, Mahiddin Syafi’i bersama Umar Ya’kub, Anas Tanjung, Usman, Abdul Azis Ahmad (Ketua Umum PP. IPA pertama). Membicarakan bagaimana untuk menciptakan dan mengorbitkan sebuah lagu untuk Ikatan Pelajar Al Washliyah.

Teman-teman beliau merespon bahwa Mahiddin Syafi’e ditunjuk untuk membuatkan lagu tersebut dikarenakan kemahiran beliau. Setelah lagu tersebut tercipta Mahiddin Syafi’e ditelpon oleh Hasnan N, apakah Lagu telah siap untuk diorbitkan di Pusat Pasar 143 kala itu dan pada tahun 1953 lagu tersebut layak orbit dan di-paten-kan.

Pada Kongres I Ikatan Pelajar Al Washliyah tahun 1956 di Jakarta, lagu tersebut dibawa dan dibahas dalam Sidang Paripurna serta disahkan dengan ketokan palu, maka secara resmi lagu MARS IPA karangan Mahiddin Syafi’e menjadi original sound Ikatan Pelajar Al Washliyah (Senada: AD Bab VII Pasal 18).
(Wawancara: Pengurus PW. IPA Provinsi Sumatera Utara)

Ayahanda Mahiddin Syafi’e: diiusianya yang senja (78 tahun), semangat beliau mengalahkan kondisi fisiknya. Pada saat wawancara tersebut beliau menyampaikan bahwa saya adalah kader Al Washliyah, rasa kecintaan saya begitu besar kepada Al Washliyah. Terima kasih saya diberikan penghargaan oleh PW. Al Washliyah Sumatera Utara atas penciptaan lagu MARS IPA.

Kini Lagu MARS IPA karangan beliau tiada henti-hentinya dinyanyikan oleh kader dan anggota Ikatan Pelajar Al Washliyah. Lagu tersebut menjadi lagu kebanggaan Ikatan Pelajar Al Washliyah bagi kader, pelajar dan anggotanya. Hampir disetiap sendi, event baik formal maupun informal lagu ini selalu dinyanyikan di event Ikatan Pelajar Al Washliyah disetiap tingkatan.

Pada Muktamar XI Ikatan Pelajar Al Washliyah di kota Bandung pada tanggal 19 Februari 2011 bertepatan dengan tanggal 16 Rabiul Awal 1432 H, lagu karangan Ayahanda Mahiddin Syafi’i tetap dipertahankan dan disahkan kembali oleh peserta Komisi A sebagai lagu MARS IPA. Tertuang didalam Anggaran Dasar Ikatan Pelajar Al Washliyah Bab VII Pasal 18: Lagu Ikatan Pelajar Al Washliyah adalah lagu “Mars IPA” karangan Mahiddin Syafi’e.

Mahiddin Syafi’e adalah bagian sejarah yang tidak terlupakan bagi Ikatan Pelajar Al Washliyah. Saat wawancara kami begitu terharu mendengar sejarah beliau, kami berbangga dapat bersalam dan mendengarkan nasehat beliau. Atas nama PW. IPA Provinsi Sumatera Utara menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada beliau atas penciptaan lagu MARS IPA, semoga kesehatan selalu menyertai Ayahanda.

pen: YOGI WIJAYA HB. (Sekretaris PW IPA Sumatera Utara)

1 komentar:

  1. Mohon doanya untuk Almarhum atok saya H.Mahiddin Syafi'e bin H.Syekh Mahmud Syafi'e semoga beliau diampunkan segala dosa2nya,diterima amal ibadahnya dan ditempatkan Allah SWT bersama orang2 mukmin.Amiiin
    Alfatihah

    BalasHapus